The Most Instagramable Place in Semarang : Old City Semarang

Februari 11, 2018


Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak spot wisata cantik yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah kota lama Semarang. Daerah ini dikenal juga dengan "Little Netherland" karena hampir semua bangunan di daerah ini bergaya kolonial khas Belanda. Berada di Kota Lama Semarang serasa seperti berada di Belanda, kecuali traffic dan orang-orangnya tentu saja, hehe.

Apa sih yang membuat Kota Lama Semarang ini spesial?



Pada zaman dahulu, abad 19-20, Kota Lama Semarang yang berada di Semarang Utara merupakan pusat perdagangan dimasa itu. Maka, tak heran bangunan yang dijumpai di area ini adalah tipikal shophouse atau rumah toko. Namun saat ini, Kota Lama Semarang menjadi tempat wisata dimana sebagian bangunannya dialihfungsikan menjadi cafe, restaurant, maupun toko.

Selama perjalanan menyusuri area ini, saya tak henti-hentinya dibuat terkagum-kagum karena betapa uniknya bangunan-bangunan disini. Sebagian bangunan di Kota Lama Semarang masih lestari walaupun bagian catnya sudah mulai memudar dan dindingnya berlumut. Yang paling baik kondisinya adalah bangunan yang dialihfungsikan sehingga perawatannya juga maksimal. Namun, beberapa bangunan terlihat sudah rusak bahkan hancur akibat tidak pernah digunakan sama sekali alias tidak dihuni. Padahal bangunan-bangunan ini sangat potensial untuk difungsikan menjadi sesuatu yang sifatnya komersial karena pengunjung Kota Lama Semarang yang banyak sehingga cukup menjanjikan.

Museum 3D Art

Saya akui, semua spot yang ada di seluruh penjuru Kota Lama Semarang sangat cantik untuk dijadikan objek fotografi. Bahkan untuk bangunan yang sudah rusak atau hancur pun tetap terlihat cantik karena atmosfir atau tone bangunan tersebut senada dengan bangunan-bangunan disini. Cara paling baik untuk menikmati keindahan kota ini adalah dengan memarkirkan kendaraan di satu spot, kemudian berjalan kaki menyusuri lorong-lorong bangunan di daerah ini.

Sudut salah satu bangunan di Kota Lama Semarang

Selain bangunan-bangunan yang ikonik, terdapat beberapa bangunan yang menarik yang wajib dikunjungi di Kota Lama Semarang. Gereja Blenduk Semarang merupakan Gereja tertua di Jawa Tengah yang dibangun di tahun 1753 dengan gaya Romanesque dan masih digunakan hingga saat ini. Gereja ini sangat unik karena memiliki atap dome atau kubah yang mengingatkan kita pada bangunan-bangunan tua di Eropa. Disekitar Gereja ini, terdapat beberapa spot yang harus dikunjungi seperti taman Kota Lama Semarang, kantor Jiwasraya hingga cafe Spiegel dengan arsitekturnya yang khas. Selain itu, tak jauh dari Gereja Blenduk terdapat Museum 3D Art. Buat kamu yang narsis dan suka foto-foto, museum ini menampilkan puluhan karya seni lukis 3D yang bisa jadi spot foto yang ciamik.
Gereja Blenduk Semarang

So, kalau kalian berencana berlibur ke Semarang, jangan lupa kunjungi Kota Lama Semarang karena kalian bisa mempelajari sejarah Indonesia melalui destinasi wisata ini sekaligus membayangkan betapa indahnya kota ini dimasa lalu. Pastikan cuaca sedang baik ya pada saat kalian mau berkunjung, karena kalau hujan bakalan ga asyik lagi. Saranku, bawalah topi atau kacamata hitam dengan pakaian yang nyaman dan adem pada saat mengunjungi kota ini saat matahari bersinar terik, karena panasnya bakalan menyengat banget apalagi saat berjalan kaki menyusuri lorong-lorong kota. Yang terpenting jaga kebersihan dan jangan merusak pusaka-pusaka di kota ini ya agar bisa terus lestari!

Love,
Anya

1 comments:

cctv hebros mengatakan...

Hallo Selamat Pagi,
Salam hangat, Perkenalkan kami dari PT Hebros, perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Jasa pemasangan serta Maintenance semua kamera CCTV indoor dan Outdoor (sesuai kebutuhan) yang berkantor di Jakarta Timur.
Kunjungi Website kami
https://www.hebros.co.id
https://cctvhebros.blogspot.co.id

Posting Komentar